Kamis, 14 Desember 2017

Membuat Kontrak Bisnis Online Untuk Tampil Lebih Profesional

Membuat Kontrak Bisnis Online  - Sebuah bisnis memang harus memiliki sebuah strategi jitu untuk menjadikan usaha yang dijalankan dapat bekerja secara optimal. Salah satu strategi tersebut yaitu dengan membuat sebuah perjanjian berupa kontrak bisnis yang akan mengurangi resiko kerugian akibat hal-hal yang tidak diinginkan. Kontrak bisnis mampu memberikan kepastian antara pihak pembeli dan penjual serta mampu membatasi perjanjian yang buram atau tidak jelas.

Membuat kontrak bisnis online

Tingginya penggunaan internet dalam melakukan transaksi membuat kontrak bisnis saat ini yang cenderung menggunakan metode manual paper (kertas kontrak), menjadikan banyak pelaku usaha menjadi kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. Terlebih lagi terhadap pembisnis yang baru memulai usahanya yang memang belum memiliki banyak testimoni sebagai alat promosi. Bisnis Startup yang bergerak dalam jual beli online memerlukan sebuah kontrak bisnis online untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.

Keuntungan Membuat Kontrak Bisnis Online

Bagi pembisnis yang memang sudah lama bergerak dalam bisnis dan juga telah memiliki pelanggan tetap, akan dengan mudah mendapatkan kepercayaan konsumen. Seperti yang kita ketahui bahwa kepercayaan konsumen tidak hanya didapatkan melalui testimoni, legalitas, ataupun keaslian perusahaan, tetapi juga dengan adanya Kontrak Bisnis yang jelas.

Bayangkan saja jika kamu belum lama menjalani sebuah bisnis dan memiliki target pembeli yang berasal dari banyak daerah, tentu saja kamu memerlukan Kontrak Bisnis Online yang akan menjadikan konsumen mengerti dan menyetujui bagaimana transaksi yang akan digunakan. Jika kita menarik sebuah kesimpulan umum, maka berikut keuntungan membuat kontrak bisnis online.

1. Memberikan Rincian Transaksi Yang Jelas

Tentu saja proses jual beli secara online akan membuat penjual memiliki batasan dalam menjelaskan bagaimana proses yang kamu terapkan dalam sistem transaksi. Dengan membuat kontrak bisnis online, kamu lebih leluasa melakukan aturan transaksi yang tentunya tidak merugikan kedua belah pihak (win-win solution). Kamu dapat memberikan arahan kepada calon konsumen untuk membaca kontrak bisnis online yang kamu buat. Tentunya dengan bahasa yang tidak menjenuhkan.

2. Meningkatkan Kesadaran Konsumen

Tidak hanya mampu memberikan rincian metode proses transaksi, membuat kontrak bisnis online akan menjadikan konsumen menyadari apa yang harus mereka putuskan. Rasa ragu-ragu yang muncul dalam diri konsumen akan menjadi penghalang bagi perusahaan mendapatkan promosi gratis melalui word of mouth (mulut ke mulut). Untuk itu, dengan membuat kontrak bisnis online, konsumen memiliki keyakinan yang penuh dan berkenan mempromosikan bisnis kita walaupun mereka belum menerima produk.

3. Terlepas Dari Sengketa Hukum

Keuntungan yang terakhir dalam membuat kontrak bisnis online adalah terlepas dari sengketa hukum yang diakibatkan oleh kesalahan yang disebabkan oleh konsumen atau media perantara. Tentunya kamu tidak ingin memiliki masalah dalam menjalankan bisnis. Namun, pastinya setiap bisnis akan mengalami sengketa yang terkait dengan masalah hukum. Dengan adanya kejelasan rincian dalam kontrak bisnis online, kamu dapat dengan bebas terlepas dari sengketa hukum.

Membuat Kontrak Bisnis Online

Tentunya dalam membuat kontrak bisnis online kamu harus membuat sebuah aplikasi online agar mudah diakses oleh konsumen. Saat ini sudah ada perusahaan layanan jasa bernama buatkontrak.com yang menawarkan jasa membuat kontrak bisnis online dengan harga yang bermacam-macam dan dengan harga yang relatif.

Namun jika kamu belum memiliki cukup modal untuk menggunakan jasa tersebut, kamu dapat mengikuti cara membuat kontrak bisnis online berikut menggunakan aplikasi gratis dari JotForm. Pastikan sebelumnya kamu sudah membaca dan menyiapkan syarat-syarat dalam membuat kontrak bisnis yang sudah saya posting sebelumnya.

1. Membuat Akun JotForm

Untuk membuat akun JotForm, kamu cukup mengunjungi situs JotForm.com dan mendaftarkan menggunakan Email aktif. Setelah itu tentukan skema kontrak yang kamu inginkan. Skema kontrak yang dimaksud adalah :
  1. Nama Perusahaan
  2. Legalitas Perusahaan (No NPWP, No Register Ijin Usaha, No Register Terdaftar Di Kemenkumham, Surat Kadaluarsa Ijin Usaha)
  3. Jenis Kontrak Bisnis seperti penjelasan apakah kamu sebagai Pihak Pertama atau Kedua, atau hanya sebagai perantara (Pihak Ketiga). Biasanya transaksi bisnis terdiri dari Pihak Pertama, Pihak Kedua, dan Pihak Ketiga (saksi/ notaris).
  4. Jika kamu menggunakan jasa Notaris, kamu wajib menyediakan Data Informasi Notaris yang digunakan.
  5. Klausal Kontrak yang berisi pernyataan dan larangan dalam proses transaksi.
  6. Foto diri yang memegang Identitas Diri ASLI seperti KTP yang ditandatangani (optional) atau lihat item yang perlu kamu buat disini.

2. Membuat Formulir Kontrak Bisnis

Setelah kamu berhasil mendaftar dan Login di JotForm, kamu dapat memulai membuat formulir dengan memilih tombol "Create Form" seperti gambar di bawah ini.

membuat kontrak bisnis online

Setelah itu pilih "Blank Form" dan masukkan nama Kontrak kamu, misalnya "Kontrak Jual Beli Mobil" dan klik "Create". Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini dan pilih menu "Add Form Elements".

membuat kontrak bisnis online

Setelah itu masukkan isian Formulir Kontrak seperti :
  1. Nama Konsumen
  2. Alamat Email
  3. No Telepon
  4. Alamat
  5. Jenis Transaksi (Pembelian/ Penjualan). Kamu dapat menggunakan element "Multiple Choice" untuk isian tersebut.
  6. Jenis Produk. Gunakan elements "Short Text" jika produk yang dijual atau dibeli bervariasi.
  7. Persyaratan Transaksi. Jelaskan secara Rinci persyaratan yang kamu tawarkan. setelah itu gunakan kembali element "Single Choice" untuk mengatur persetejuan seperti "Setuju" atau "Proses Transaksi".
  8. Gunakan element "File Upload" untuk data diri pembeli.
  9. Gunakan element "Chaptca" untuk memverifikasi pembelian. Untuk mengedit semua tulisan, kamu dapat melakukannya seperti gambar berikut ini.

membuat kontrak bisnis online

Untuk melihat hasil tampilan kamu dapat menge-klik tombol "Preview Form" pada bagian atas kanan kamu.

Setelah semua selesai dibuat, pilih pilihan "Setting" untuk menyeting alamat e-mail pengiriman hasil isian kontrak online tersebut. Kamu dapat melihatnya seperti gambar berikut ini.


Untuk menyeting alamat penerima kontrak, pilih "EMAILS" dan ganti alamat Email tujuan di bagian "Notification 1" dengan alamat Email yang diinginkan. Dan yang terakhir pilih "Publish" untuk menyelesaikan formulir.

Pada bagian "Publish" ini, kamu dapat memilih bagaimana Formulir ini nantinya akan terbit. Jika kamu ingin menerbitkan formulir secara "Real Time" kamu dapat memilih "Embed Code" ataupun "IFrame" dan meletakkan di Widget HTML Javascript di Website kamu. Jika tidak, kamu cukup memilih "Quick Share" untuk membagikan kontrak secara pribadi.

Membuat kontrak bisnis online

Dan selesai.
Versi yang kamu gunakan saat ini adalah versi gratisan sehingga Icon JetForm akan tetap terlihat. Untuk itu kamu bisa mengupgradenya dengan membeli fitur premium.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan petunjuk membuat kontrak bisnis online tersebut? Semoga dengan artikel ini kita bisa semakin dapat bersaing dalam dunia bisnis yang memang semakin ketat. Untuk pertanyaan lebih lanjut, silahkan tinggalkan komentar di kolom bawah postingan ini. Dan jika dirasa bermanfaat, silahkan share agar teman-teman yang lain dapat ikut memulai bisnis scara lebih profesional.

Web ini memiliki fitur "Do Follow", sehingga tidak perlu meninggalkan alamat blog ataupun website apapun didalam kolom komentar. Karena semua akan terhubung secara langsung didalam nama kamu.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html