Kamis, 16 Agustus 2018

Tips dan Cara Memilih Pipa Air yang Tepat


Apakah Anda sedang bergelut dengan pembangunan instalasi air bersih? Atau Apakah anda sedang dalam upaya membuat saluran air di rumah Anda dan tidak tahu harus menggunakan pipa air jenis apa?  Jangan khawatir, bacalah penjelasan dalam artikel ini yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih jenis pipa apa yang paling tepat untuk solusi instalasi saluran air Anda.


Cara Memilih Pipa Air

Di bawah ini merupakan tips dan cara untuk memilih pipa paling tepat untuk Anda berdasarkan fungsi atau kegunaan. Perhatikan dan bacalah dengan seksama!

1.    Untuk Saluran Air Bersih

Pipa PVC dan Pipa HDPE lah yang palin cocok untuk penginstalan saluran air bersih. Kekuatannya bagus walaupun terbuat dari plastik dan sangat ringan sehingga memudahkan dalam pemasangannya. Untuk Pipa HDPE bisa digunakan untuk saluan yang berkelok – kelok karena sifatnya elastis dan fleksibel dipasang dimanapun.

2.    Pipa Untuk Pembuangan Limbah

Pipa PVC juga bisa dipakai untuk pembuangan limbah. Namun dalam pemasangannya diutamakan pipa yang berdiameter lebih besar. Jika tidak ada, Anda bisa mencari pipa jenis apa saja, asalkan berbahan kuat dan tidak mudah bocor. Sebab, bocornya limbah bisa mencemari lingkungan walaupun itu hanya limbah air sabun rumah tangga. 

3.    Pipa Untuk Air Panas dan Dingin

Installasi pipa air CPVC adalah yang paling direkomendasikan. Pipa ini tahan panas hingga lebih dari 100 derajat celcius. Jika Anda ingin membangun usaha SPA yang tidak besar, maka pilihlah pipa ini, namun jika kebutuhan air panas besar, jenis pipa PEX lah yang paling cocok.

4.    Untuk Membuat Saluran Di Bawah Tanah

Untuk membuat saluran air di bawah tanah, yang paling aman dan sehat adalah pipa tembaga. Dibandingkan pipa besi, pipa ini lebih tahan terhadap korosi. Selain itu, pH air juga tidak akan berubah karena bisa melindungi keasaman anah yang mungkin bisa mempengaruhi air yang dialirkan.

5.    Untuk Kebutuhan Perumahan

Untuk kebutuhan rumah tangga, yang paling umum digunakan adalah pipa PVC standar. Hal ini karena penggunaannya juga tidak sebesar pabrik atau hotel. Penyaluran air juga cenderung berasal dari PDAM atau sumur yang tidak dalam. Maka pipa ini dinilai paling cocok untuk perpipaan rumahan, seperti proyek pipa di perumahan Jabodetabek. 

Tips Membeli Pipa 

1.    Pilih Tempat Terpercaya

Pipa bisa dibeli di toko – toko bangunan terdekat. Pilihlah tempat yang terpercaya dan bisa membantu Anda untuk menentukan jenis pipa mana yang tepat. Beberapa toko mungkin akan langsung mengarahkan Anda untuk membeli produk termahal tanpa mengetahui situasi dan keadaan. Jadi, waspadalah!

2.    Tentukan Harga Terbaik

Jika Anda ingin membeli dalam jumlah yang banyak, jangan lupa untuk bernegosiasi. Tentukan harga terbaik yang mungkin bisa Anda dapatkan. Jika sulit untuk melakukan nego, maka tanyakanlah apakah ada harga paket spesial yang mungkin bisa Anda pilih.

3.    Konsultasikan Pemasangan dan Kebutuhan

Tanyakan apakah toko bangunan atau tempat Anda membeli pipa juga menyediakan jasa pemasangannya. Jika memang ada, maka itu adalah keuntungan untuk Anda. Jika ada, Anda tidak perlu repot mencari tukang lagi untuk instalasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html