Rabu, 04 Desember 2019

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Pilek pada bayi meski dapat menjadi kondisi yang perlu diwaspadai juga merupakan suatu kondisi yang sudah biasa. Dalam proses tumbuh kembangnya, bayi biasanya terkena pilek selama 12 kali usia satu tahun pertama. Sama seperti pilek yang dialami oleh orang dewasa, pilek yang dialami oleh bayi juga disebabkan oleh virus penyebab pilek.


Hanya saja, karena sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang, bayi lebih rentan terkena pilek. Untuk itu, penting bagi ibu untuk mengetahui cara mengatasi pilek pada bayi agar pilek tidak berkelanjutan menjadi penyakit yang serius.

Meringankan Pilek Pada Bayi
Ingus yang keluar dari hidung sebenarnya adalah usaha tubuh agar kuman atau bakteri dapat keluar dari tubuh. Akan tetapi, jika terlalu banyak ingus yang keluar dari hidung bayi, akan menyebabkan pernapasan bayi terganggu. Ada baiknya ibu mengurangi resiko bayi kekurangan nafas seperti mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Atau tepuk perlahan punggung bayi agar pernapasannya tidak berat atau baringkan posisi bayi dalam keadaan tengkurap. Atau dapat juga membersihkan ingus di hidung bayi dengan air hangat secara halus.
Kenali Penyebab Pilek
Untuk mengatasi pilek pada bayi sebaiknya Ibu perlu tahu penyebab bayi terkena pilek. Pilek bisa disebabkan bakteri maupun suhu. Jika penyebabnya adalah suhu, ibu dapat menetralkan tubuh bayi dengan memperhatikan suhu ruangan dengan dibantu pakaian bayi. Jika sedang dingin, ada sebaiknya bayi menggunakan baju hangat dan begitu sebaliknya. Sedangkan apabila penyebabnya bakteri, dapat diatasi dengan menjaga kebersihan.
Jangan Sembarangan Memberi Obat
Meski dapat membawa dampak yang berbahaya, pilek pada bayi tidak harus diatasi dengan obat. Penggunaan obat-obat bebas pada bayi bisa jadi membawa dampak negatif bagi kesehatan bayi. Akan tetapi ada beberapa obat pilek untuk bayi yang aman yang dapat dipakai untuk mengatasi pilek bayi atau dengan obat pilek ampuh yang tidak ngantuk. Pemberian obat pada bayi juga perlu dengan pengawasan dokter agar tidak memperparah keadaan bayi.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html