Jumat, 20 Desember 2019

Lindungi Smartphone Anda, Yuk Simak Cara Menghilangkan Spyware Android

Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini pun hampir seluruh kegiatan kita tidak dapat dipisahkan dengan perangkat elektronik. Oleh karena itu kita pun pasti ingin selalu melindungi perangkat dari potensi virus, atau masalah yang lebih serius yaitu pengintaian.

Salah satu yang ingin dilindungi adalah perangkat android, apalagi smartphone kita menyimpan data penting dan privasi. Yuk, langsung saja kita simak cara menghilangkan spyware android berikut.

Source : sayaajarkan.com

Tips Lindungi Android dari Spyware

1.  Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Cara mudah menghilangkan potensi aplikasi pengintai masuk kedalam perangkat kita adalah, dengan menghapus seluruh aplikasi atau file yang mencurigakan. Anda dapat mengecek setiap aplikasi yang terpasang di perangkat android, dan menghapus pemasangan aplikasi yang dirasa cukup mencurigakan.

Hal ini karena bisa jadi aplikasi tersebut mengandung spyware berbahaya, dan dapat mengambil data serta informasi yang tersimpan dalam smartphone anda. Ketika memasang atau menginstall sebuah apliaksi, perhatikan kinerjanya.

Jika aplikasi tersebut membuat ponsel menjadi lebih lambat dan baterai cepat habis, maka tentu anda perlu mencurigai aplikasi tersebut.

Mengutip dari harapanrakyat.com, ada faktor lain yang juga perlu diperhatikan dalam setiap aplikasi. Apalagi jika aplikasi tersebut tidak dikeluarkan oleh perusahaan resminya, maka waspadai setiap iklan pop up yang muncul berulang kali. Jika iklan yang muncul selalu muncul tanpa kita kehendaki, bisa jadi smartphone akan terinfeksi spyware.

2.  Update OS

Cara menghilangkan spyware android selanjutnya adalah, dengan mengupdate sistem oeprasi anda. Dengan mengupdate sistem operasi, maka secara otomatis dapat memperbaiki sistem keamanan yang terganggu.Bisa jadi spyware masuk kedalam smartphone, karena sistem keamanan yang memiliki celah.

Sehingga cara untuk memperbaiki sistem keamanannya adalah, dengan mengupdate sistem operasi. Pembaharuan yang terjadi pada sistem operasi, dapat memperketat sistem keamanan ponsel anda. Sehingga secara otomatis, dapat menghilangkan aplikasi atau virus berabahaya seperti spyware.

Untuk melakukan update sistem operasi, anda bisa melihatnya pada menu setting. Pada menu setting, pilih opsi About phone. Selanjutnya anda dapat memilik system updates, untuk memperbaharui sistem dalam ponsel anda. Tunggu saja proses pembaharuan ini, hindari mematikan ponsel ketika sedang melakukan update agar proses tidak terhenti.

3.  Mengembalikan ke Setelan Pabrik

Jika virus spyware sudah mulai mengganggu namun tidak ada update sistem operasi, mungkin sudah saatnya anda untuk melakukan factory reset.

Cara ini cukup ampuh, karena dengan mengatur ulang ponsel maka seluruh perangkat malware pun juga akan langsung terhapus. Begitu pula dengan file maupun aplikasi, yang tidak dapat dihapus atau tidak terdeteksi sebelumnya.

Namun cara menghilangkan spyware aplikasi ini, tentu juga akan menghilangkan seluruh informasi yang tersimpan. Oleh karena itu, pastikan untuk mencadangkan seluruh data penting seperti mengcopy beberapa file atau dokumen ke perangkat komputer.

Karena sekali melakukan factory reset, maka tidak akan bisa untuk mengembalikan seluruh data sebelumnya.

Jika anda ingin melakukan factory reset, pilih saja General Management. Setelah itu anda dapat memilih reset, dan pilih opsi factory data reset. Tunggu proses dalam beberapa menit, selanjutnya ponsel akan kembali ke pabrikan awal. Tang dimaksud dengan pabrikan awal adalah, kondisi yang serupa seperti pertama kali membeli ponsel tersebut.

4.  Menggunakan Aplikasi

Apabila tidak ingin kehilangan beberapa informasi dalam smartphone, anda bisa memilih untuk membasmi spyware dengan aplikasi. Download dan install saja berbagai aplikasi anti virus, yang dapat anda temukan di play store. Ada beberapa aplikasi yang dapat anda pilih, untuk menghilangkan virus berbahaya dari smartphone anda.

Aplikasi yang terbukti dapat memerangi virus adalah Clean Master, anda pasti sudah pernah mendengar nama aplikasi ini. Clean Master dapat menghalau seluruh ancaman virus, termasuk virus berbahaya seperti spyware.

Cara menghilangkan spyware android dengan menggunakan Clean Master adalah, dengan memilih menu Antivirus pada menu utama. Selanjutnya Clean Master akan melakukan scanning, dan menghapus seluruh virus yang bersarang.

Virus atau malware adalah hal yang ingin dihindari, oleh seluruh pengguna perangkat elektronik. Selain memperlambat kinerja dari perangkat kita, malware juga dapat menghancurkan dan mengambil alih sistem.

Terutama virus yang dapat melihat dan mengambil informasi penting, seperti spyware. Untuk itu, lakukan beberapa cara tersebut untuk menghilangkan spyware pada ponsel anda.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html